Traveling

Tidak Perlu Jauh-Jauh, Ajak Anak Liburan Ke Tempat Wisata di Jakarta Ini Saja

Advertisements

Jalanjalankuy.net – Jakarta merupakan salah satu kota teramai dan terpadat di Indonesia sehingga tidak kaget kalau ada banyak tempat wisata di Jakarta.

Ada tempat yang dapat dikunjungi bersama anak di akhir pekan sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk pergi keluar kota. Berikut tempat wisata pilihan yang bisa anda tuju bersama anak Anda.

1. Faunaland, Ancol

Jika Anda ke Ancol, jangan hanya ke Dufan ataupun ke Seaworld, karena ternyata terdapat tempat lain yang bisa Anda kunjungi yaitu ke Faunaland. Di kawasan tempat wisata ini, Anda akan bisa mengenalkan beragam jenis hewan secara langsung dan membiarkan anak bermain di alam.

Ketika Anda berkunjung ke Faunaland, Anda akan menemui flora dan fauna yang kenal dan berkaitan erat dengan Asia dan Australia. Selain itu, dekorasi di kawasan ini juga kental dengan arsitektur khas suku Asmat, Papua. Untuk menikmati liburan di tempat wisata ini, Anda dapat datang pada jam 09.30-17.30 untuk Senin-Jumat dan weekedns serta hari libur pukul 08.00-17.30.

2. Scientia Square Park, Gading Serpong

Anda bisa berlibur bersama dengann anggota keluarga lain dari berbagai generasi, misalnya dalam 1 keluarga terdapat ayah, ibu, kakak, sepupu remaja dan adik, ke Scientia Square Park, Gading Serpong.

Di tempat wisata ini, Anda dapat bermain di kids playground, air mancur, peternakan, skate and rollerblade park, outdoor amphitheater, lapangan futsal ataupun di remote controlled car track.

Anda dapat menikmati liburan setiap harinya dari pukul 06.00-21.00. namun, khusus weekend, tempat wisata ini tutup hingga pukul 23.00. namun, untuk masuk ke kawasan permainan ini, Anda harus membayar tiket terlebih dahulu.

3. Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk

Bosan liburan hanya di dalam ruangan, Anda bisa coba ke Taman Wisata Alam Mangrove yang ada di Angke Kapuk. Di tempat ini, Anda bisa melakukan kegiatan outdoor. Misalnya camping bersama dengann keluarga.

Selain itu, Anda bisa berjalan-jalan untuk menyusuri kawasan dari tempat wisata di Jakarta yang luasnya mencapai 98,82 ha sebagai tempat konservasi hutan bakau.

Selain itu, jika Anda ingin mencoba hal yang lain bersama dengan anak Anda, Anda bisa mencoba bermain kano ataupun sepeda air.

Atau jika Anda ingin menyusuri keseluruhan dari Taman Wisata Alam Mangrove, Anda bisa menaiki perahu yang berkapasitas 6 orang.

Anda dan keluarga Anda juga bisa menanam mangrove sehingga dapat membantu untuk menanamkan rasa cinta alam pada anak Anda.

4. Museum Nasional, Merdeka Barat

Museum kerap kali dinilai sebagai tempat yang membosankan, namun di Museum Nasional yang berlokasi di Merdeka Barat, keluarga Anda terutama anak Anda dapat belajar sesuatu yang baru dengan cara yang unik. Salah satunya adalah dengan menggunakan virtual tour. Di tempat wisata di Jakarta ini menyimpan lebih dari 160.000 benda bersejarah. Mulai dari benda prasejarah, arkeologi klasik Hindu-Budha, Heraldik dan Numistatik, hingga keramik etnografi.

5. Kebun binatang ragunan

Jika tinggal di Jakarta, kurang lengkap jika tidak ke Kebun Binatang Ragunan. Di kawasan ini, buah hati Anda akan melihat banyak sekali binatang bahkan dapat berinteraksi dengan langsun sehingga menambah pengetahuan anak Anda.

Di kawasan yang berada di Jakarta Selatan dan memiliki luas area 140 ha ini, juga merupakan tempat pelestarian Primata Schmutzer. Sehingga Anda dapat melihat orang utan, kera putih, siamang ataupun gorilla dan simpanse.

6. Museum Layang-Layang

Di Jakarta terdapat museum unik yaitu Museum Layang-Layang. Museum yang berlokasi di Pondok Labu, Jakarta Selatan ini memiliki beragam jenis layang-layang yang tentunya akan menambah pengetahuan anak Anda.

Selain itu, di tempat ini juga memungkinkan Anda untuk membuat layangan bersama, sehingga anak Anda juga dapat berkreatifitas membuat mainan yang dia sukai.

7. Seaworld, Ancol

Advertisements

Ketika Anda bermain ke Ancol, kurang lengkap jika tidak ke Seaworld. Di tempat ini, Anda dan keluarga Anda dapat menikmati keindahan laut dari bawah. Selain itu, anak Anda juga bisa mengenal beragam jenis hewan dan tumbuhan seperti karang yang hidup di laut lewat tempat wisata di Jakarta ini.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Di Bogor Yang Wajib Dikunjungi

8. Kidzania

Ingin berlibur ke tempat di dalam ruangan saja namun punya banyak pilihan mainan? Bisa dicoba ke Kidzania yang ada di Pasific Place yang ada di SCBD. Tempat wisata di Jakarta ini menyediakan area untuk bayi bawah 4 tahun dan permainan untuk anak 4-16 tahun.

Namun, untuk mengunjungi tempat ini, Anda harus memperhatikan waktu kunjungnya karena ada yang terbagi menjadi 2 sesi namun ada pula yang hanya 1 sesi.

Untuk 1 sesi, Anda bisa datang dari senin sampai kamis yaitu pukul 09.00-16.00. Namun untuk hari Jumat-Minggu, terbagi menjadi 2 sesi yaitu 09.00-14.00 dan 15.00-20.00. Harga tiketnya sendiri tergantung usia dan juga jam kunjungnya.

9. The Playground

Untuk mengajak liburan anak tidak perlu jauh-jauh. Anda bisa ke The Playground. Di kawasan ini, terdapat beragam fasilitas bermain untuk anak. Mulai dari ayunan, memanjat, berseluncur hingga bermain flying fox. Dengan begitu, tidak hanya dapat membantu anak bersosialisasi namun juga merangsang perkembangan syaraf motoric anak.

10. Planetarium

Untuk anak Anda yang suka dengan sesuatu hal yang berkaitan dengan luar angkasa, Anda bisa mengunjungi Taman Ismail Marzuki untuk ke Planetarium. Di kawasan ini, Anda dan keluarga Anda akan dapat menikmati keindahan dari alam semesta dari luar angkasa dan juga belajar mengenai rasi bintang yang ada di langit.

11. Brick4kids, Kemang

Tempat wisata yang ada di Jakarta ini cocok untuk anak Anda yang suka dengan Lego. Melalui permainan ini, anak tidak hanya akan dijarkan mengenai sosialisasi bersama dengann anak yang lain, namun juga memecahkan masalah. Anak dapat bereksplorasi membentuk mainan dengan menggunakan bricks yang ada di Briks4Kids yang ada di kemang.

Tempat ini bahkan menyediakan beberapa program untuk semua umur yang dapat dipilih pengunjung. Misalnya preschool classes untuk anak usia 4-3 tahun ataupun holiday camps and night out untuk anak usia 5-12 tahun. Ada juga paket ulang tahun. Sehingga ketika anak Anda ingin sesuatu yang beda di ulang tahunnya, dapat juga melaksanakannya di sini.

12. Kidspace

Sesuai dengan namanya, Kidspace, tempat ini menawarkan arena permainan yang dapat dinikmati oleh anak-anak. Untuk ke tempat ini, Anda dapat datang ke Pondok Indah. Ada banyak konsep permainan yang diterapkan di kawasan permainan indoor ini, dan salah satunya adalah seluncuran yang menjadi salah satu media permainan yang disukai oleh anak-anak.

13. Pinisi Science and Edutaiment Park

Kawasan wisata yang ada di Jakarta ini belum banyak orang yang tahu. Namun, di Pinisi Science and Edutaiment Park, Anda bisa mengenalkan ke anak Anda tidak hanya mengenai lingkungan namun juga aktivitas seni. Teknologi, budaya, fisik dan yang lainnya. Bahkan anak-anak juga dapat memainkan musik tradisional, wayang, membaik menari.

14. Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara

Anda bisa mencoba untuk mengenalkan peraturan lalu lintas sedari kecil ke anak lewat Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara. Di tempat ini ada banyak aneka rambu dan peraturan lalu lintas yang harus dipatuhi. Sehingga selain bermain, anak Anda juga bisa belajar.

15. Outboundholic, Ancol

Di kawasan Ancol, anak Anda juga bisa mencoba permainan di Outboundholic Ancol. Ada 4 zona yang bisa dipilih dengan kesulitan rintangan yang berbeda. Zona paling mudah adalah di zona hijau sedangkan jika ingin mencoba rintangan sulit bisa ke zona hitam.

Itulah 15 tempat wisata yang ada di Jakarta yang dapat menjadi pilihan Anda dan keluarga ANda untuk berlibur. Selamat berlibur.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Di Lembang Bandung Yang Keren

Advertisements
Windi Safitri

Share
Published by
Windi Safitri

Recent Posts

7 Destinasi Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi!

Semarang, ibukota Jawa Tengah, terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya. Tapi tahukah kamu, kota ini…

5 days ago

10 Tempat Wisata di Ubud yang Lagi Hits!

Ubud, jantung budaya Bali, selalu memikat wisatawan dengan pesonanya yang unik. Dikenal sebagai pusat seni,…

2 weeks ago

Cara Ss di Laptop, Panduan Lengkap untuk Pemula dan Mahir!

Pernahkah kamu ingin mengabadikan momen menarik di layar laptop? Atau ingin membagikan informasi penting yang…

4 weeks ago

Cara Mengatasi Laptop Black Screen, Ada Berbagai Cara!

Menghadapi masalah laptop black screen atau layar hitam tentu sangat mengganggu, terutama jika Anda sedang…

1 month ago

Kenapa Kucing Muntah Busa? Ada Benda Asing!

Sebagai pemilik kucing, melihat hewan peliharaan Anda muntah busa bisa menjadi pengalaman yang mengkhawatirkan. Namun,…

1 month ago

Kenapa Motor Tidak Bisa di Stater? Ada Masalah Komponen!

Motor merupakan kendaraan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, terkadang kita mengalami masalah ketika…

1 month ago