5 Makanan Khas Semarang Ini Wajib Kamu Coba

makanan-khas-semarang-nasi-ayam

Jalanjalankuy.net – Kota Semarang yang dikenal dengan destinasi wisata yang tidak ada habisnya selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Mulai dari adanya Lawang Sewu, Kelenteng Sam Po Kong, dan masih banyak yang lainnya. Tetapi rasanya tidak afdhal jika ke kota Semarang hanya mengunjungi destinasi wisatanya saja.

Supaya liburan lebih berwarna, kamu juga wajib mencoba makanan khas Semarang yang paling enak seperti diantaranya:

1. Nasi Goreng Babat Dan Babat Gongso

Nasi-goreng-babat

Babat adalah salah satu bagian dari jeroan sapi yang banyak dijadikan olahan makanan di Indonesia, seperti salah satunya adalah nasi goreng babat dan babat gongso khas Semarang.

Warung Pak Sukarmin yang dibuka sejak tahun 1971 merupakan warung sederhana, dan menjadi salah satu warung tertua di Semarang.

Warung yang selalu laris diserbu oleh para pengunjung ini menyediakan babat olahan dengan menggunakan teknik khusus sehingga sehingga ketika disajikan tidak lagi berbau.

abat di warung Pak Karmin juga dikenal empuk dan gurih berkat penggunaan bumbu rahasia yang diwariskan dari orang tuanya.

2. Kuliner Ayam Kampung Maknyus – Nasi Ayam

makanan-khas-semarang-nasi-ayam

Jika Jogja memiliki nasi gudeg, Solo memiliki nasi liwet, Semarang juga tidak mau ketinggalan karena memiliki nasi ayam.

Nasi berkuah kuning opor yang dilengkapi sayur labu berasa manis, suwiran ayam kampung dan telur, tahu, dan krecek berbumbu khas.

Kamu juga bisa menambahkan berbagai lauk seperti sate telur, sate usus, dan bagian lainnya dari ayam seperti dada, paha, dan sayap. Nasi ayam ini rasanya gurih dan tidak terelekkan kelezatannya berkat bumbu santan dan rempah.

3. Gurihnya Kuliner Bumbu Petis – Tahu Gimbal

Tahu-Gimbal

Karena posisi Semarang ini berada di pesisir utara Jawa, maka rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan berbumbu petis seperti yang ada di Surabaya, Lamongan, dan Tuban.

Makanan dengan bumbu petis yang terkenal di Semarang adalah tahu gimbal. Untuk satu porsi tahu gimbal berisi potongan lontong, bakwan udang (gimbal), irisan kol, dan tauge yang disiram dengan saus kacang berbumbu petis.

Saat menikmatinya kamu akan merasakan perpaduan rasa antara manis, gurih, dan asin yang nikmat. Salah satu tempat paling recommended untuk mencoba kuliner khas Semarang ini adalah Tahu Gimbal Pak Edi.

Baca juga: 4 Makanan Khas Malang Yang Bisa Anda Coba

4. Nikmatnya Hidangan Olahan Burung – Burung Belibis

Burung-Belibis

Olahan bebek dan ayam goreng merupakan kuliner yang lumrah di temui di Indonesia. Tetapi kamu pernah tidak mendengar tentang hidangan olahan burung?

Saat kamu mengunjungi Warung Pak No akan ditemukannya berbagai macam olahan burung, dan salah satunya adalah burung belibis.

Teksturnya memang tidak jauh berbeda dari ayam tetapi lebih empuk karena dimasak dalam waktu lama diatas api kecil. Bumbunya juga bervariasi sehingga kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera.

5. Kuliner Kuah Sedap Dan Segar – Nasi Pindang

Nasi-Pindang

Di beberapa daerah, pindang adalah nama sejenis ikan. Tetapi di Semarang berbeda karena nasi pindang adalah olahan daging sapi yang dikombinasikan dengan kuah rempah kluwek dan daun melinjo.

Nasi pindang ini secara penampilan hampir mirip seperti rawon di Jawa Timur, tetapi tidak terlalu pekat dan lebih terasa segar.

Selain itu masih ada makanan paling enak lainnya yang merupakan makanan khas Semarang yaitu sate buntel dan pepes opor. Sate buntel adalah sajian daging kambing cacah berbumbu yang dibalut dengan gajih tipis lalu satenya dibakar.

Baca juga: Inilah 5 Tempat Wisata di Solo Yang Cocok Untuk Kulineran

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*