7 Makanan Khas Garut Ini Menggugah Selera

Makanan-khas-garut-Opak

Jalanjalankuy.net – Adanya keragaman di Indonesia ternyata menciptakan keunikan yang berbeda beda. Misalnya saja dari segi makanan, dimana makanan ini hadir dengan berbagai aneka rasa dan unik juga.

Di Garut saja ada banyak makanan khasnya yang mampu menggunggah selera kamu dan para wisatawan saat berkunjung ke kota Intan tersebut.

Lalu makanan khas Garut apa saja yang dapat menggugah selera?

Berikut dibawah ini 7 makanan khas yang menggugah selera dari Garut diantaranya yaitu :

1. Jeruk Garut

Jeruk-Garut

Banyak masyarakat yang menyukai jeruk Garut ini karena rasanya manis dan besar ukurannya. Jeruk Garut merupakan jenis makanan yang menjadi kebanggan masyarakat kota Intan.

Jeruk Garut juga menjadi symbol identitas warga Garut.Dan bahkan jeruk Garut juga menjadi jenis pangan pertanian yang diunggulkan secara nasional dan internasional karena memang jeruk Garut ini bagus kualitasnya.

2. Dodol Picnic

Dodol-Picnic

Kamu bisa menjadikan dodol piknik ini sebagai oleh oleh. Dodol di Garut hadir dengan berbagai macam rasa dan brand yang berbeda beda.

Pastinya saja saat kamu berkunjung ke setiap toko makanan yang ada di Gaut akan selalu tersaji dodol didalamnya.

Banyak wisatawan yang menyukai dodol ini karena rasanya yang manis dan lezat, selain itu juga rasa yang ditawarkannya bervariasi sehingga membuatnya menarik untuk dicicipi.

3. Burayot

Burayot

Selanjutnya Burayot yang ada di Garut memiliki bentuk unik. Burayot terbuat dari campuran gula merah yang dicampurkan dengan tepung beras dan kacang tanah.

Proses pembuatannya dikombinasikan dengan minyak kelapa, tidak dibutuhkan waktu lama untuk bisa menghasilkan satu kue atau burayot.

4. Dorokdok Dan Kerupuk Kulit

Dorokdok-Dan-Kerupuk-Kulit

Makanan khas garut selanjutnya adalah Dorokdok atau kerupuk kulit bisa menjadi alternatif lain saat kamu tidak ingin makanan khas yang berasa manis. Dorokdok dan kerupuk kulit ini adalah jenis makanan yang sama tetapi berbeda bahan dasar yang digunakannya.

Dorokdok terbuat dari kulit sapi yang diolah dengan menggunakan rempah rempah dan tanpa bahan pengawet. Sedangkan kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau, tetapi cara pembuatannya sama dengan pembuatan dorokdok.

Baca juga: 4 Makanan Khas Malang Yang Bisa Anda Coba

5. Emplod

Emplod

Makanan emplod ini memiliki nama lain yaitu endog lewo yang berarti telur yang terbuat dari daerah kampung Lewo. Bahan dasar pembuatan makanan emplod ini adalah singkong yang sudah digiling dan diperas.

Setelah itu proses tersebut didiamkan selama 24 jam. Jika proses tersebut sudah mencapai satu hari, kemudian singkong tadi dicampurkan dengan parutan kelapa dan bumbu bumbu.

Lalu biasanya pembuatan emplod ini dibentuk dalam bulatan bulatan kecil, lalu digoreng.

6. Opak

Makanan-khas-garut-Opak

Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan makanan khas yang bernama opak ini. Makanan sejenis kerupuk ini terbuat dari bahan dasar tepung beras lalu dicampurkan dengan bumbu bumbu seperti gula, garam, dan air.

Kesemua bahan itu merupakan kombinasi untuk membuat makanan opak. Setelah itu campuran tersebut dibuat dalam bentuk lembaran tipis lalu dijemur hingga mengering lalu dibakar diatas arang.

Makanan ini bisa kamu jadikan sebagai teman menu makan siangmu.

7. Ladu

makanan-khas-garut-ladu

Makanan ladu ini memiliki tekstur yang sama dengan dodol. Tetapi bentuknya lebih kasar dank eras. Makanan khas dari Garut ini dibuat dari bahan dasar tepung ketan berwarna putih, lalu dicampurkan dengan gula aren dan parutan kelapa saat pengolahannya.

Yang menjadi pembeda dengan dodol juga adalah rasa manisnya yang tidak terlalu dominan.

Selain itu masih ada makanan khas Garut lainnya yang menggunggah selera yaitu Rengginang.

Baca juga: 5 Makanan Khas Semarang Ini Wajib Kamu Coba

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*