Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Kelebihan Berat Badan

cara menurunkan berat badan secara alami

Jalanjalankuy.net – Kegemukan dan obesitas dapat meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan kanker tertentu.

Jika Kalian hamil, kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang untuk Kalian dan anak Kalian.

Artikel berikut akan menjelaskan tentang penyebab, ciri – ciri, akibat kelebihan berat badan dan cara untuk menurunkan berat badan secara alami. 

Fakta ini memberi tahu Kalian lebih banyak tentang hubungan antara kelebihan berat badan dan banyak kondisi kesehatan.

Ini juga menjelaskan bagaimana mencapai dan mempertahankan berat badan normal dapat membantu Kalian dan orang yang Kalian cintai agar tetap sehat seiring bertambahnya usia. 

Apa jenis masalah kesehatan yang terkait dengan kelebihan berat badan dan obesitas?

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan, termasuk:

  • diabetes tipe 2
  • tekanan darah tinggi
  • penyakit jantung dan stroke
  • jenis kanker tertentu
  • sleep apnea
  • osteoartritis
  • penyakit hati 
  • penyakit ginjal
  • masalah kehamilan, seperti gula darah tinggi selama kehamilan, tekanan darah tinggi, dan peningkatan risiko persalinan sesar (bedah caesar)

Bagaimana saya bisa tahu jika saya terlalu berat?

Mendapatkan beberapa kilogram selama tahun ini mungkin tidak terlihat seperti masalah besar. Tetapi berat ini bisa bertambah seiring waktu. Bagaimana Kalian bisa tahu apakah berat badan Kalian bisa meningkatkan peluang Kalian terkena masalah kesehatan? 

Indeks massa tubuh / body mass indeks (BMI)

Indeks massa tubuh adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah Kalian memiliki berat badan normal, kelebihan berat badan, atau obesitas. Ini mengukur berat Kalian sehubungan dengan tinggi badan Kalian dan memberikan skor untuk membantu menempatkan Kalian dalam kategori:

  • Berat normal: BMI 18,5 hingga 24,9
  • Kelebihan berat badan: BMI 25 hingga 29,9
  • Obesitas: BMI 30 atau lebih tinggi
  • Ukuran pinggang

Nomor penting lainnya yang perlu diketahui adalah ukuran pinggang Kalian dalam inci. Memiliki terlalu banyak lemak di pinggang Kalian dapat meningkatkan risiko kesehatan bahkan lebih daripada memiliki lemak di bagian lain dari tubuh Kalian.

Wanita dengan ukuran pinggang lebih dari 35 inci dan pria dengan ukuran pinggang lebih dari 40 inci mungkin memiliki peluang lebih tinggi terkena penyakit yang berhubungan dengan obesitas.

Dalam masyarakat kita yang terobsesi dengan penampilan, banyak orang berpikir bahwa kelebihan berat badan adalah masalah yang sangat berpengaruh terhadap penampilan. Tetapi kelebihan berat badan sebenarnya merupakan masalah yang berpengaruh dengan medis karena hal itu dapat mempengaruhi kesehatan seseorang.

Diabetes dan penyakit jantung adalah masalah kesehatan yang bisa berasal dari kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan juga dapat memengaruhi persendian, pernapasan, tidur, suasana hati, dan tingkat energi seseorang. Jadi kelebihan berat badan dapat memengaruhi seluruh kualitas hidup seseorang.

Ketika orang makan lebih banyak kalori daripada yang mereka gunakan, tubuh mereka menyimpan kalori ekstra sebagai lemak. Beberapa pon lemak tubuh tambahan bukan risiko kesehatan bagi kebanyakan orang. Tetapi ketika orang mempertahankan pola makan lebih banyak kalori daripada yang dibakar, semakin banyak lemak menumpuk di tubuh mereka.

Akhirnya, tubuh mencapai titik di mana jumlah lemak tubuh dapat membahayakan kesehatan seseorang. Dokter menggunakan istilah “kelebihan berat badan” atau “obesitas” untuk mengetahui apakah seseorang memiliki peluang lebih besar untuk mengalami masalah kesehatan terkait berat badan.

Seperti yang mungkin pernah kalian dengar, hari ini lebih banyak orang kelebihan berat badan daripada sebelumnya. “Epidemi obesitas” mempengaruhi anak-anak dan remaja serta orang dewasa. Jadi orang yang lebih muda sekarang mendapatkan masalah kesehatan yang hanya memengaruhi orang dewasa, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes tipe 2.

Mengapa Orang Menjadi Kegemukan?

Obesitas cenderung menjalar dalam keluarga. Beberapa orang memiliki kecenderungan genetik untuk menambah berat badan lebih mudah daripada yang lain. Meskipun gen sangat memengaruhi tipe dan ukuran tubuh, lingkungan juga berperan.

Orang-orang saat ini bertambah berat karena pilihan makanan yang tidak sehat (seperti makanan cepat saji) dan kebiasaan keluarga. Camilan dan minuman berkalori tinggi, bergizi rendah, porsi makanan yang lebih besar, dan gaya hidup yang kurang aktif semuanya berkontribusi terhadap obesitas.

Terkadang orang beralih ke makanan karena alasan emosional, seperti ketika mereka merasa kesal, cemas, sedih, stres, atau bahkan bosan. Ketika hal ini terjadi beberapa orang sering makan secara berlebihan, melewati dari yang mereka butuhkan.

untuk kalian yang memiliki kelebihan berat badan, jangan khawatir kalian bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Ada banyak cara diet yang bekerja untuk menurunkan berat badan dengan waktu yang singkat. banyak orang yang sudah melakukan diet dan mendapatkan berat badan ideal, kembali mengalami kelebihan berat badan.

Untuk menjaga berat badan dan kalian tidak kembali mengalami kelebihan berat badan, cara terbaik yang harus dilakukan yaitu dengan cara  menurunkan berat badan secara perlahan.

Dan banyak ahli yang mengatakan bahwa menurunkan berat badan bisa dilakukan tanpa melakukan diet, tetapi kuncinya yaitu membuat penyesuaian sederhana untuk gaya hidup kalian yang sehat.

Banyak orang yang melakukan diet disertai dengan meminum pil pelangsing, sebenarnya hal itu tidak perlu dilakukan. Disini kami akan memberikan cara menurunkan berat badan secara alami.

Satu pon lemak sama dengan 3.500 kalori. Dengan mengurangi 500 kalori sehari melalui modifikasi pola makan dan olahraga, kalian bisa kehilangan sekitar satu pon dalam seminggu. Jika kalian hanya perlu mempertahankan berat badan saat ini, mmengurangi 100 kalori sehari sudah cukup.

Baca juga: Inilah 5 Tempat Wisata di Solo Yang Cocok Untuk Kulineran

List cara menurunkan berat badan secara alami:

Mengkonsumsi banyak protein

Pada saat sedang ingin menurunkan berat badan protein adalah nutrisi yang baik untuk di konsumsi.

Minum kopi tanpa gula

Kopi merupakan minuman yang memiliki banyak khasiat karena memiliki kandungan yang bermanfaat seperti antioxidant. Meminum kopi tanpa gula bisa membantu menurunkan berat badan dnegan cara meningkatkan energy dan kalori yang dibakar

Mengonsumsi the hijau

the hijau adalah the yang kaya akan antioksidan, the hijau sudah sangat lama dipercaya kaya akan manfaat salah satunya yaitu untuk membakar lemak dan membantu terjadinya penurunan berat badan.

Hindari konsumsi makanan fast food

Fast food memiliki jumlah kalori yang sangat besar, sehingga dengan mengurangi dan menghindari makanan fast food penurunan berat badan akan sangat terbantu.

Mengurnagi konsumsi karbohidrat

Dengan mengurangi karbohidrat, maka saat kita beraktivitas energy yang dpakai merupakan berasah dari cadangan lemak kita sehingg. Lemak akan terbakar dan lemak akan berkurang dari tubuh.

  • Minum air perasan jeruk nipis
  • Menghindari cemilan yang mengandung gula tinggi
  • Melakukan aktivitas olahraga
  • Memperbanyak minum air putih
  • Mengkonsumsi makanan dengan serat yang tinggi
  • Mengurangi porsi makan dan perbanyak makan sayuran
  • Mengonsumsi campuran madu dan jahe

Itulah cara menurunkan berat badan secara alami yang dapat kamu coba. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Menggunakan Buah Buahan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*