Kenalan dengan Kue Khas Betawi Si Manis Kue Cucur

resep kue basah

Sekian banyak kue-kue basah di Indonesia apakah ada yang paling favorit? Banyak sekali ya pilihannya. Bahan-bahan khas dari kuenya membuat Anda jadi menyukai makanan khas atau tradisionalnya ini bukan? Kue basah ini berbeda dengan kue kering, dari namanya saja tentu sudah basah. Kue basah memiliki tekstur yang lebih kenyal dan juga lengket, nah inilah yang menjadi daya tariknya ada banyak sekali ragam atau macam-macam jenis kue basahnya. Anda bisa melihat-lihat berbagai 5 resep kue basah dari berbagai daerah yang mungkin cocok dan ingin Anda buat.

Kue basah ini selalu cocok untuk kudapan dan cemilan bagi hari-hari Anda. tak usah takut jika Anda akan kekenyangan dan jadi tidak nafsu makan. Karena kue-kue tradisional ini memang terkadang menjadi kudapan untuk pengganti makanan Anda. pasalnya kue basah ini dibuat dari bahan-bahan yang alami dan tidak mengandung pengawet yang berbahaya. daripada mengkonsumsi kue  yang sudah sudah dikemas, akan lebih baik memilih jenis kue basah yang anti bahan pengawet dan memiliki bahan perasa alami yang tidak berlebih.

resep kue basah

Resep Kue Basah, Kue Cucur yang Lembut dan Manis

Makanan kue basah itu dianggap lebih sehat untuk cemilannya, ini sebabnya kue basah selalu menarik perhatian berbagai kalangan. Seperti salah satunya kue basah yang khas di Betawi, ada kue cucur. Anda pasti pernah dengar atau malah bahkan pernah mencoba bukan? Kue berwarna coklat ini sangat enak dan manis untuk dicicipi. Kuenya memiliki bentuk bulat dan menggelembung di bagian tengah kuenya. Kue cucur ini juga biasanya disajikan ketika festival atau upacara adat di Betawi. Biasanya kue ini wajib disajikan ketika ada acara-acara besar di Betawi bahkan acara pernikahan atau ulang tahun pun selalu ada.

Sekarang sudah banyak ditemukan penjualan kue cucur, jadi Anda tak usah khawatir, meskipun memang beberapa daerahnya masih sulit mencari kue cucur satu ini. Namun Anda bisa mencicipi kue cucur buatan Anda sendiri jika mau. Pembuatan mudah untuk diikuti sehingga bisa Anda nikmati sehari-hari.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Tepung terigu 100 gr
  • Tepung beras 100 gr
  • Gula putih 50 gr
  • Gula jawa 100 gr
  • 1 sdm kayu manis bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • Air 100 ml

Cara pembuatan kue cucur:

  1. Pertama, siapkan mangkuk untuk membuat adonan dengan menggunakan tepung beras, terigu lalu garam yang sudah disiapkan. Aduk hingga merata, sampai adonan terasa lembut.
  2. Kedua, rebuslah gula jawa, gula pasir dan air  yang sudah disiapkan sebelumnya biarkan hingga larut dan mendidih.
  3. Setelah mendidih, biarkan hingga dingin dan barulah tambahkan 1 sendok makan kayu manis bubuk
  4. Masukan larutan gula jawa  dan gula pasir kedalam adonan, aduk selama 10 menit, aduk hingga tercampur merata, dan diamkan dari 1 sampai 2 jam
  5. Tuangkan adonan ke wajan yang sudah panas, goreng adonan, dan siram minyak ke tengah adonan agar bagian tengahnya menggelembung. Terus buat sebanyak yang Anda mau, setelah selesai tiriskan dan hidangkan

Itulah cara membuat kue cucur yang khas di Betawi yang bisa Anda buat sendiri. Kue basah manis satu ini menjadi favorit beberapa kalangannya karena rasa dan bentuknya yang manis untuk dicoba.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*